PERATURAN DAN REGULASI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (UU ITE)

 Hai, perkenalkan nama saya Listya Dwi Subagya. Saya mahasiswa baru di Universitas Jember angkatan 2022.   Tujuan saya menulis blog adalah untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah "ETIKA PROFESI” yaitu tentang PERATURAN DAN REGULASI BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI.




Landasan Teknologi Informasi

  1. Hukum Moore
  2. Hukum Metcalfe
  3. Hukum Coase

Revolusi Industri



Revolusi industri 4.0 atau juga yang biasa dikenal dengan istilah “cyber physical system” ini sendiri merupakan sebuah fenomena dimana terjadinya kolaborasi antara teknologi siber dengan teknologi otomatisasi.

Dengan adanya revolusi ini sendiri membawa banyaknya perubahan di berbagai sektor. Seperti yang pada awalnya banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dalam jumlah yang besar, sekarang dapat digantikan dengan penggunaan mesin teknologi. Berikut penjelasan lebih lanjut mengenai industri 4.0 yang saat ini terjadi di kehidupan masyarakat.

Revolusi 4.0 yang memiliki perkembangan seperti:

1. INTER-OPERABILITAS

Kemampuan mesin, peralatan, sensor dan manusia untuk tersumbang satu sama lain dalam Internet of Things (IoT)

2. TRANSAPARANSI INFORMASI

Kemampuan membuat duplikasi virtual akan hal-hal fisik serta kemampuan manusia untuk mengakses seluruh duplikasi virtual tersebut

3. ASISTENSI TEKNOLOGI

Kemampuan untuk membantu manusia dalam mengambil keputusan serta mengerjakan hal-hal yang berat atau tidak aman untuk dikerjakan manusia

4.  SISTEM DESENTRALISASI

Kemampuan mesin untuk mengerjakan banyak hal yang mengambil keputusan serta mandiri dalam suatu sistem industri.

Memasuki era Revolusi industri saat ini kegiatan ekonomi pun mengikuti perubahan seperti kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan dunia digital sebagai wahana interaksi dan transaksi.

Contoh:

Sharing Economy               : seperti Zipcar

e-Education                       : seperti Coursera,Canvas,Inversity(dsb)

Cloud Collaborative           : seperti Microsoft Office 365, Google Drive

Marketplace                      : Bukalapak,Tokopedia dan Shopee

Smart Manufacturing          : Sculpteo

Smart City                         : Perusahaan



Generasi Baby Boomers, X, Y, Z dan Alpha


1. Generasi Baby Boomers (1946-1964)

2. Generasi X (1965-1980)

3. Generasi Y (1981-1995)

4. Generasi Z (1996-2010)

5. Generasi Alpha (2011-sekarang)



Komentar

Postingan Populer